Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri Dan Cara Mengatasi Nya

Madurakeras.com - Pada Saat ini, penggunaan komputer, baik dalam bentuk laptop, PC, maupun smartphone sudah merupakan hal yang umum terjadi di kalangan masyarakat luas.

Biasanya, banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang – orang ketika sedang berada di depan komputer. 

Baca Juga : Cara Mudah Cek Hardisk Laptop

Hal ini kemudian dapat meningkatkan penggunaan komputer menjadi sangat tinggi, yang menyebabkan kemungkinan terjadi beberapa error yang bisa menghampiri perangkat komputer anda.

Penggunaan komputer sebagai salah satu teknologi memang tak terlepas dari gangguan berupa error, yang bisa saja terjadi karena kesalahan penggunaan oleh usernya, atau pun karena memang terjadi kerusakan pada komputer itu sendiri, baik dari segi hardware maupun software nya.

Baca Juga :   Cara Install Ulang Windows 7 Tanpa Kehilangan Data

Kondisi ini kemudian menimbulkan beberapa macam gangguan yang biasa ditemui oleh para pengguna komputer, yaitu komputer sering mati sendiri.

 


Kenapa Komputer sering mati sendiri ?

Ada beberapa penyebab komputer sering mati sendiri, untuk ulasan nya saya akan jelaskan dibawah


1. CPU Panas

Yang paling sering terjadi Penyebab umum dari komputer yang sering mati sendiri adalah karena cpu yang terlalu panas. 

CPU yang terlalu panas bisa terjadi ketika anda terlalu banyak menjalankan program yang memiliki spesifikasi tinggi, sedangkan CPU anda hanya kuat untuk menjalankan software dengan spesifikasi sedang.

Baca Juga : Mitos Refrest Pada Windows

Hal ini akan menyebabkan Fungsi CPU bekerja terlalu berat dan juga keras, yang ujung – ujungnya malahan akan membuat CPU anda menjadi cepat panas. 

CPU yang menjadi cepat panas ini kemudian akan secara otomatis mengalami kegagalan fungsi, sehingga menyebabkan komputer anda mati sendiri (Baca : Dampak CPU Usage 100%).

Selain itu, kondisi kipas atau fan di dalam komputer yang tidak baik juga dapat menyebabkan CPU menjadi mudah panas. 

Kondisi ini menyebabkan CPU tidak memperoleh sistem pendinginan yang pas dan sesuai, sehingga menyebabkan panasnya berlebihan, dan komputer mengalami mati sendiri. 

Bisa jadi juga karna pasta pada prosesor kamu sudah mulai mengering, jadi kinerja komputer menjadi lebih panas dan sering mati sendiri.

2. Kerusakan Pada Hardware

Pada kasus ini Merupakan penyebab yang cukup banyak terjadi, namun terkadang sulit untuk di deteksi. Kerusakan hardware seperti Ram komputer, merupakan penyebab lainnya dari komputer yang sering mati sendiri. 

Kerusakan hardware bisa terjadi karena hardware yang tidak kompatibel, atau pun proses penginstallan hardware yang salah prosedur, sehingga menyebabkan hardware menjadi malfungsi.

Agar masalah ini tidak perkelanjutan unakanlah hardware yang kompatibel dan juga sesuai dengan spesifikasi umum dari komputer anda. 

Apabila mungkin, selalu cek pemasangan socket – socket dari hardware, agar tidak terjadi error pada saat komputer dijalankan dan mengalami gejala mati sendiri. priksalah RAM sama bagian hardisk anda. 

3. Kerusakan Pada Sofware

Selain hardware, kerusakan pada software juga seringkali menyebabkan komputer mati sendiri. Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan software, terutama sistem operasi mengalami corrupt. 

Corrupt ini dapat terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah karena proses install dari software tesebut yang tidak benar, atau tidak kompatibel dengan komputer anda. Silan lakukan langkah pada berikut agar nanti nya komputer anda tidak sering mati sendiri. 

Baca Juga : Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis


Melakukan proses install dengan tepat dan juga benar Menggunakan software yang kompatibel Gunakan fitur troubleshooting untuk mengecek permasalahan pada software
Melakukan proses install ulang pada sistem operasi 

4. Terkena Virus

Tidak menutup kemungkinan komputer sering mati penyebab nya adalah terken virus, karna Virus juga memiliki peran yang ternyata sangat penting dalam menyebabkan komputer yang sering mati sendiri. 

Biasanya, virus sudah menyebar dengan tingkatan yang parah, sehingga selain dapat menyebabkan komputer menjadi panas dan lemot, juga dapat menyebabkan komputer menjadi mudah mengalami gangguan, seperti sering mati sendiri. Gunakanlah anti virus untuk membersihkan virus pada komuter kamu.


CATATAN.

Jika komputer kamu sering mati sendiri, silakan install ulang komputer kamu. namun jika hal itu masih terjadi, sudah dipastikan komputer kamu mengalami kerusakan pada bagian Hardware nya. solusi nya adalah cek bagian yang rusak pada wardware kalian.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Ads Inside Post