Benarkah Saat Santri Libur Bisa Membuat Jaringan Lemot ?

Permisi,...  mimin mau curhat sebentar nih. Jadi gini, akhir-akhir ini banyak pengguna smartphone/HP/Device yang mengeluh jaringan nya lemot, hampir seluruh pengguna jaringan seluler mengaku bahwa data internet nya lemot. 
Image result for jaringan lemot

Salah satunya Bagong, dia menyebut akses WhatsApp dan browsing di ponselnya sangat lamban sejak semalam, padahal koata data selular nya masih banyak. Bagong juga menyebut nya hal ini juga dialami beberapa teman teman nya.


Dan ternyata usut punya usut, Katanya penyebab lemot nya jaringan adalah santri ? apa hubungan nya ya dengan santri ? entah lah tapi semua orang bilang penyebab lemot nya jaringan adalah akibat santri pulang(Libur pondok).  Mimin Juga merasa Prihatin nih pada santri, niat pulang untuk bertemu sanak saudara, eh malah di bully habis-habisan. Yang katanya sejak santri libur koneksi internet nya jadi lemot.  tapi mimin juga percaya loh sama mereka wkwk

Sudah-sudah biar tidak ada pertikaian lagi, mimin jelaskan deh kenapa jaringan nya bisa lemot. yuuk di simak baik baik ya.

1. Mulailah Berkaca Pada Device Yang Di Gunakan 
Kenapa mimin Bilang gitu ? karena eh karena sebuah HP/Device ini juga punya peran penting dalam kemampuannya menangkap sinyal terutama pada pada kemampuan uplink dan downlink frekuensi. Selain itu, suatu HH/Device ini juga memiliki tipe antena yang udah tentu bakal berbeda-beda, sehingga kemampuan menerima sinyal pun akan berbeda. jadi kalo hp nya sudah terbilang lapuk usia, ya jangan salahkan sinyal dong :p

2. Jarak Antar BTS
BTS (Base Transceiver Station)  atau bisa kita sebut tower provider, bukan BTS penyanyi itu ya. Bts, merupakan salah satu infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dengan jaringan operator. Jadi kalau rumah nya jauh dari bts, apa lagi rumah nya maaf nih di jurang, yaa jangan salahkan jaringan atau santri lah. jarak antar BTS semakin dekat pastinya bakal memberikan kualitas signal yang bagus. begitu juga aku dan dia, kini semakin jauh, jadi semakin ada peluang untuk kita berpisah

3. Faktor Cuaca
cuaca juga berpengaruh loh, Hujan badai, angin kencang atau cuaca lainnya pun juga bisa jadi hal yang mempengaruhi kualitas sinyal sebuah operator untuk bisa diterima pada perangkat yang kita gunakan  Coy. Cuaca alam sangat berpengaruh dalam penghantaran sinyal karena sinyal smartphone dihantarkan oleh ion-ion positif yang bertebaran di udara. Saat terjadi mendung, hujan dan angin kencang dapat mengakibatkan susunan ion yang ga beraturan yang berujung pada gangguan terhadap penerimaan sinyal.  Ok kita lanjut ke point selanjut nya ya.

4. Banyak Nya Pengguna
Tau nggak sih, ternyata ketika kita berada di kawasan yang ramai, bisa saja sinyal hp kita bisa berkurang. atau bahkan tidak bisa di gunakan. (contoh nya di mall, dan hiburan ramai)
di point ke empat ini, bisa saja loh benar apa yang sedang di perbincangkan. sinyal lemot karna banyak santri yang pulang. pasal nya ketika santri pulang/libur penggunaan pada suatu provider akan semakin banyak, bisa jadi jaringan akan menjadi semakin lemot. sama juga loh seperti wifi, semakin banyak pengguna akan semakin lemot pemakaian nya. percaya atau tidak ini adalah fakta loh.


OK Cukup sekian dulu postingan kali ini, maksud dan tujuan nyapostingan ini bukan untuk menyudutkan pihak-pihak lain ya, tapi cuman untuk menyadarkan saja, biar kita tau penyebab jaringan lemot itu.

Terimkasih Semoga Bermamfaat. sampai jumpa di postingan selanjur nya.. 
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Ads Inside Post